Widawati18's Blog

December 16, 2009

Benarkah Apel Dapat menyembuhkan Batu Empedu?

Filed under: Khasiat Buah-Buahan — widawati18 @ 1:11 pm

Pada tahun 2008 lalu saya mengalami sebuah sakit perut yang sangat luar biasa sakitnya, pada awalnya dokter hanya mengira bahwa sakit perut yang saya derita adalah sakit maag biasa. Keesokan harinya saya melakukan check up ke rumah sakit. Setelah melakukan USG, dokter berkata bahwa di dalam empedu saya terdapat banyak batu-batu kecil yang menyebabkan saya harus melakukan operasi. Dokter berkata bahwa penyakit ini biasanya menderita pada orang tua yang berumur diatas 45 tahun. Saya jadi berasa tua padahal umur saya waktu itu baru 18 tahun. Hal ini terjadi pada saya mungkin kata dokter karena pola hidup saya yang kurang sehat dengan banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak dan jarang olahraga.

Dokter meyarankan saya untuk melakukan operasi untuk mengangkat empedu atau mengangkat batunya saja. Setelah saya berkonsultasi kepada beberapa teman saya, sebaiknya saya mengkonsumsi buah Apel agar batu empedu saya luruh dan hilang. Selain itu ada juga yang meyarankan untuk melakukan pengobatan alternative.
Pertama-tama saya mengkonsumsi Selama lima hari berturut-turut minum empat gelas sari buah apel segar setiap hari, atau makan empat atau lima buah apel segar, Apel berkhasiat melembutkan batu empedu.

Kenapa Apel dapat menyembuhkan batu empedu?
Kandungan zat gizi yang menonjol pada apel adalah kalium, khususnya pada apel merah, serta pektin dan selulosa. Kalium merupakan mineral yang berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, mengatur pengiriman zat gizi ke sel-sel, mengendalikan keseimbangan cairan dalam jaringan dan sel tubuh, serta membantu mengatur tekanan darah.
Apel terutama yang berwarna merah, tergolong memiliki kandungan kalium cukup tinggi kalium. Setiap 100 gram bagian apel merah yang dapat dimakan terdapat kandungan sekira 203 mg kalium.
Apel mengandung serat dalam jumlah banyak. Selulosa, adalah serat yang tidak larut (dalam air) yang berada pada kulit apel. Sedangkan, pektin adalah tipe serat larut yang banyak dijumpai pada daging buah apel.
Serat tak larut, khususnya selulosa selain beberapa hemiselulosa dan lignin, dapat mempercepat perjalanan sisa makanan melintasi saluran percerna. Sementara serat larut dapat menimbulkan efek sebaliknya, memperlambat ‘lalu lintas’ sisa makanan, dan dapat menghancurkan batu-batu yang ada dalam empedu.
Kedua bentuk serat ini sebenarnya sama-sama memunyai kekuatan mencuci perut. Kedua jenis serat dapat menyerap air dan membuat tinja lebih besar. Maka, jangan heran jika penderita konstipasi (sulit buang air besar), konsumsi apel utuh alias beserta kulitnya sangat dianjurkan.
Selain dapat meyembuhkan batu empedu, manfaat apel yang lain yaitu sebagai Pengontrol kolesterol.
Serat larut, yaitu pektin dan gum, membentuk gel dalam usus. Akibatnya, waktu yang dibutuhkan sisa makanan untuk bergerak dari mulut anus jadi lebih lama. Hal ini membuat orang yang bersangkutan akan merasa kenyang lebih lama. Itu sebabnya, bagi yang sedang menjalani program melangsingkan tubuh, apel dapat dijadikan sebagai penggati makanan energi, seperti kue yang berlemak atau manis.
Selain itu, serat larut mampu mengikat berbagai zat, termasuk kolesterol, dan mengurangi penyerapannya dari saluran usus. Bentuk serat ini dapat menurunkan tingkat kolesterol darah.
Hasil penelitian memperlihatkan, pektin apel dapat mengurangi kandungan kolesterol LDL sebanyak 10%. Kolesterol LDL merupakan penyebab penyakit jantung dan stroke. Selain menurunkan LDL, apel tidak mengurangi kolesterol HDL atau kolesterol ‘baik’. Sehingga apel diperkirakan mampu memperkecil risiko penyakit jantung hingga 20%.
Serat larut pun ternyata mampu memperlambat masuknya glukosa dari pencernaan karbohidrat ke aliran darah. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengontrol penyakit kencing manis dan empedu.
Dengan menkonsumsi buah apel secara rutin dan melakukan pengobatan alternative, maka penyakit batu empedu saya sembuh dan setelah di USG kembali batu empedunya sudah hilang dan saya sembuh.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: